Selasa, 04 Februari 2014

Tugas Naskah Talkshow



[Opening Presenter]
Assalamualikumwrwb,apa kabar pemirsa yang ada distudio ?
dan pemirsa yang dirumah saya berharap tetap bersemangat hari ini.
Yahh..kembali lagi bersama saya A.Putri permatasari dalam acara obrolan singkat..
Bincang-bincang hari ini membahas tentang black campaign yang selalu terjadi pada pemilihan umum..
Dan seperti data yang kita dapatkan juga terjadi pada pemilihan calon walikota dan wakil walikota Makassar untuk periode 2014-2019
Untuk mengawali perbincangan kita hari ini , saya persilahkan tamu spesial sekaligus sebagai narasumber kita,beri tepuk tangan yang meriah untuk DR.Arkam Azikin
Beliau ini seorang pengamat komunikasi politik..dan salah satu dosen di Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH)

Apa kabar pak..?
Kabar baik..

Yah, seperti pembahasan singkat tadi tentang black campaign atau kampanye hitam dipilwalkot kota Makassar ini..
bisa lebih dulu , bapak menjelaskan pengertian dari black campign atau apasih kampanye hitam itu ?
Black campaign adalah suatu model,perilaku,atau cara berkampanye yang dilakukan dengan menghina,memfitnah,mengadu domba,menghasut atau menyebarkan berita bohong yang dilakukan oleh seorang calon atau sekelompok orang atau partai politik atau pendukukng seorang calon terhadap lawan atau calon lainnya..
Dengan demikian, apabila energy Black campaign digunakan untuk menyerang kelompok lain maka yang terjadi adalah energy tersebut akan “melentingkan bola” yang seharusnya “dikempesin”, apakah hal ini yang diharapkan oleh tim-nya? Tentu tidak.

Dan yang terjadi dimakassar kasus kemarin yang kita lihat pada beberapa calon pasangan yang di duga terlibat black campaign, seperti kasus penyerangan stasiun celebes tv yang dimana beberapa oknum memakai atribut pasangan salah satu calon walikota, serta undangan buka puasa yang tersebar dipanti asuhan untuk kandidat pasangan calon yang diunggulkan oleh pakwali dan beberapa cara-cara kotor yang digunakan untuk menjatuhkan kandidat lain
Bagaimana anda melihat hal ini ?
Pilwalkot Makassar memang mulai memanas. Black campaign dan negative campaign mulai bermunculan. Kemarin, selebaran yang menyerang salah satu kandidat beredar di tempat-tempat umum. Bahkan, saya melihat langsung dikawasan Topaz, Jl Boulevard (depan Warkop Sija) ditemui Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGM) menyebarkan selebaran black campaign ini.
Kehati-hatian dengan black campaign dan negative campaign di Pilwalkot Makassar juga diingatkan. Bisa-bisa, justru kandidat yang diserang itu malah diuntungkan. Bahkan, untuk kota metropolitan, seperti Makassar yang dikenal dengan pemilih cerdasnya, cara-cara ini disebut hal yang norak alias kampungan.
efek dari black campaign dan negative campaign memang bisa menurunkan elektabilitas kandidat. Akan tetapi tidak jarang justru cara seperti ini, gagal mencapai tujuan utama dalam menurunkan citra kandidat yang diserang. “Jika attacking campaign gagal, maka pendukung pihak yang diserang makin militan karena menganggap jagoannya dizalimi. Sementara pendukung lawan makin menguat ketidaksukaannya
ejak kemarin, beredar black campaign yang menyerang salah satu kandidat di Pilwalkot. Cara kampungan ini dikemas dalam bentuk selebaran dan disebarkan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Selebaran ini banyak ditemui di tempat-tempat keramaian, seperti; jalan-jalan, pasar dan warkop-warkop.
Kami menganggap perilaku kampanye hitam itu untuk memperburuk citra politik Makassar. Ini akan berdampak pada lahirnya pembodohan politik kepada masyarakat
berharap perilaku buruk ini sebaiknya dihilangkan, karena bagaimana pun masyarakat sudah cerdas dan memahami siapa kandidat yang mampu memimpin Makassar 5 tahun ke depan.


Dan seharusnyan bagimana pak ?
saya melihat justru bila black campaign terlalu massif bisa menguntungkan pihak-pihak yang senang dengan adanya skenario konflik di proses politik pilkada. dan ini juga akan mencederai proses demokrasi, juga melanggar UU Pilkada, tidak akan ada yang diuntungkan. “Black camapign itu tidak akan menguntungkan siapa-siapa, apalagi bila memang ada kelompok lain yang memanfaatkan Pilwalkot ini jadi Saling menuding dan black campaign sebaiknya tim para calon menghindarinya, karena sudah tidak menarik dilakukan di era transisi demokrasi ini. Yang menarik dan faktual dilakukan oleh para calon dan timnya yaitu “pertandingan” program unggulan yang dapat dimanfaatkan warga Makassar bila terpilih.

Adakah tindakan tegas yang diberikan oleh KPU kota makassar melihat beberapa kasus ini ?
KPU Makassar sendiri  sebenarnya tak punya hak untuk bertindak, bukan wilayah KPU, tapi itu tugas Panwas untuk menelusuri hal tersebut. Kecuali jika ada rekomendasi dari Panwas, baru KPU bertindak.

Jadi apa tindakan dari Panwaslu menyikapi hal ini ? apakah ditindaki tegas atau hanya dibiarkan berlalu saja ?
sebenarnya panitia pengawas pemilu meminta masyarakat untuk membantu kinerja panwaslu dengan melaporkan segala bentuk pelanggaran. Hal tersebut disampaikan pada peresmian posko awaslupadu di salah satu hotel di Makassar.
 dan Jika terbukti ada pelanggaran berupa black campaign panwaslu berjanji akan bertindak tegas terhadap paslon maupun tim sukses dan akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan pemilu yang berlaku dengan hukuman maksimal pengguguran kandidat. dan semua kasus terkait black campaign Polisi harus mengusut tuntas pelaku black campaign.

Super sekaliiii pak..
Pemirsa itulah acara obrolan singkat hari ini bersama pak DR.Arkam Azikin
saya A.Putri  mohon undur diri dari hadapan anda..
Selamat bertemu di obrolan singkat selanjutnya..
Sampai jumpa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar